IKAAY.COM, Surakarta – Kampus IAIN Surakarta gelar pelatihan desain grafis. Pelatihan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya belajar ilmu desain (Adobe InDesign), khususnya dalam mendesain buku kepada sejumlah anggota LP2M.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di ruang LP2M pada tanggal 6 Desember 2018, pukul 09.00-12.00 WIB, dengan dihadiri oleh anggota internal LP2M. Menurut Latif Kusyairi MA, salah satu anggota LP2M, pelatihan tersebut diadakan dengan harapan supaya anggota LP2M bisa mendesain buku sendiri, karena saat ini LP2M IAIN Surakarta sedang mendirikan penerbit buku IAIN Surakarta Press.

“LP2M sedang mendirikan penerbit buku. Karena itu, pelatihan desain ini penting diadakan untuk memberi bekal kepada mereka.” Kata Latif.

Dalam pelatihan tersebut, salah satu alumni Sekolah Al-In’am, Marsus, pendiri Penerbit Sulur yang sekaligus sebagai pengajar kontrak di kampus IAIN Surakarta diundang sebagai pemateri. Dia diminta untuk berbagi ilmu tentang dunia desain, khususnya dalam mendesain isi buku menggunakan Adobe InDesign.

Dalam kegiatan itu, dia berbagi ilmu desain dari hal-hal paling mendasar, mulai dari bagaimana mengatur ukuran halaman buku dalam InDesign (width dan height-nya), menyeting jarak ruang halaman untuk tulisan (margins: top, bottom, inside dan outside-nya), membuat master penomoran, menginput tulisan dari Ms.Word ke InDesign, merapikan tulisan pada lembar halam supaya enak dibaca, dan lain sebagainya.

Menurut lelaki kelahiran Sumenep dan sekaligus anggota IKAAY tersebut, membuat desain buka yang baik, menarik dan artistik sangatlah penting, karena umumnya buku yang akan diterbitkan akan disuguhkan kepada masyarakat pembaca. Dengan desain yang baik, maka orang akan merasa nyaman dan betah membaca buku tersebut.

“Mendesain buku bukan sekadar ngatur ukuran saja supaya bisa diterbitkan, tetapi butuh penataan yang baik dan penuh artistik, penuh dengan seni. Tentunya itu butuh ketelatenan. Dengan upaya desain baik, pembaca akan merasa nyaman, tidak jenuh dan tidak bosan menatap tulisan pada halaman demi halam dalam buku tersebut.” Ungkapnya kepada tim IKAAY.COM

Di penghujung kegiatan tersebut, anggota LP2M meminta Marsus untuk bercerita sekilas tentang bagaimana proses dan langkah-langkah penting dalam menerbitkan buku. Mereka berharap, nantinya bisa mengambil pelajaran dari pengalamannya saat menerbitkan buku di Penerbit Sulur. Pelatihan tersebut diharapkan tidak berakhir pada hari itu saja, panitia menginginkan, pada lain kesempatan akan diadakan pertemuan lagi tentang pelatihan desain cover buku. (emat)


2 komentar: